Friday 15 April 2011

Kolam Bethesda




Ini adalah tempat penyembuhan ajaib dari seorang lumpuh oleh Yesus, sebagaimana diceritakan hanya dalam Injil Yohanes, dan juga kelahiran ibu Maria, "Anne". Alasan berisi penggalian ekstensif mengungkapkan lima kolam asli dan tetap mengungkapkan berturut gereja Bizantium, Tentara Salib dan abad pertengahan dibangun di atas kolam renang, serta run-off air sistem pengumpulan dating kembali ke abad kedelapan SM dimaksudkan untuk memasok candi dengan air . Strata diberi label dan kode warna dan mudah diikuti, tapi mengerdilkan semua ini adalah tentara salib gereja paling murni di seluruh negeri: St Anne's.



Gereja St Anne dibangun oleh tentara salib pada plot berdekatan dengan gereja Byzantium dihancurkan oleh Hakim (yang memiliki kapel kecil yang dibangun di atasnya). Tidak lama kemudian Salah id-Din merebut kota itu dan pada 1192 gereja itu berubah menjadi sebuah sekolah Islam (masih ada tulisan di atas membuka pintu). Dalam tahun-tahun berikutnya gereja jatuh ke dalam tidak digunakan tapi secara ajaib tidak pernah hancur karena membuat pembuangan sampah berguna. Oleh karena itu tetap sampai 1856 ketika pemerintah Ottoman, mencari cara untuk mengungkapkan terima kasih kepada Perancis untuk membantu dalam perang Krimea, memberinya gereja. Hal ini masih dijalankan oleh ayah Perancis.



Kolam domba itu merupakan Aesclepion, sebuah "rumah sakit" Yunani berdasarkan sebagian pada penyembuhan ajaib oleh campur tangan ilahi, sebagian pada manfaat pengasingan dan beristirahat dan sebagian pada teori yang akhir-akhir ini datang ke dalam mode dengan analis Jung.


Yohanes Bab 5

2 Sekarang ada di Yerusalem oleh Pintu Gerbang Domba kolam renang, dalam bahasa Ibrani disebut Bet-zatha, yang memiliki lima portico. 3 Dalam berbaring ini banyak cacat, buta, lumpuh, lumpuh. 5 Satu orang di sana, yang telah sakit selama tiga puluh delapan tahun. 6 Ketika Yesus melihat dia dan tahu bahwa ia telah berbaring di sana waktu lama, dia berkata kepadanya, "Apakah Anda ingin disembuhkan?" 7 Orang sakit itu menjawab, "Tuan, saya tidak punya manusia untuk menempatkan saya ke dalam kolam ketika air bermasalah, dan sementara saya akan mundur lagi sebelum aku. "8 kata Yesus kepadanya," Bangunlah, mengambil palet Anda, dan berjalan "9 Dan pada saat orang itu sembuh., dan ia mengambil palet dan berjalan.

Sekarang hari itu hari Sabat. 10 Maka orang-orang Yahudi berkata kepada orang yang disembuhkan, "Ini adalah hari Sabat, tidak halal bagi Anda untuk membawa palet Anda." 11 Tetapi ia menjawab mereka, "kata Orang yang menyembuhkan saya kepada saya, 'Ambillah Anda palet, dan berjalan. "" 12 Mereka bertanya kepadanya, "Siapakah orang yang berkata kepada Anda, 'Ambillah palet Anda, dan berjalanlah'" 13 Sekarang orang yang telah sembuh itu tidak tahu siapa orang itu,? bagi Yesus telah ditarik, karena ada kerumunan orang di tempat itu. 14 Setelah itu, Yesus menemukan Dia dalam Bait Allah, dan berkata kepadanya, "Lihat, kamu baik! Berbuat dosa lagi, bahwa ada yang lebih buruk menimpa Anda "pergi. 15 Orang itu pergi dan mengatakan kepada orang-orang Yahudi bahwa itu adalah Yesus yang telah menyembuhkan dia. 16 Dan inilah mengapa orang Yahudi menganiaya Yesus, karena dia melakukan hal ini pada hari Sabat. 17 Tetapi Yesus menjawab mereka, "Bapa-Ku bekerja masih, dan saya bekerja." 18 Sebab itu orang-orang Yahudi lebih berusaha lagi untuk membunuh-Nya, karena ia tidak hanya melanggar hari Sabat, tetapi juga disebut Allah Bapa-Nya, menyamakan diri-Nya dengan Allah.


Revised Standard Version, (New York: Oxford University Press, Inc) 1973, 1977

No comments:

Post a Comment